Tuesday, December 8, 2009

Ditemukan objek baru mirip Matahari


Para Astronom berhasil menemukan satu benda langit Matahari dekat bintang.
Adapun citra dari obyek baru ini diambil pada bulan Mei dan Agustus dalam pengujian awal alat pemburu planet pada teleskop Subaru yang berlokasi di Hawaii.
Obyek yang disebut GJ 758 B itu mengorbit bintang induk yang massa dan suhunya sebanding dengan Matahari kita. Demikian kata anggota tim penelitian Michael McElwain dari Universitas Princeton. Bintang itu berjarak 480 triliun km, atau kira-kira 50 tahun cahaya dari Bumi.

Para ilmuwan tak yakin apakah obyek itu merupakan planet besar atau suatu katai coklat (brown dwarf), atau juga dikenal sebagai bintang gagal. Massa obyek itu diperkirakan 10-40 kali Jupiter.
Menurut para ilmuwan, pencitraan dari teleskop itu mungkin menemukan obyek pendamping kedua pada bintang, yang mulai disebut GJ 758 C. Namun, masih diperlukan pengamatan lebih lanjut untuk memastikan obyek kedua ini sungguh dekat atau cuma kelihatannya saja begitu.
Tim peneliti terdiri dari para ilmuwan dari Princeton, Universitas Hawaii, Universitas Toronto, Institut Astronomi Max Planck di Heidelberg (Jerman), dan Pusat Pengamatan Astronomis Nasional Jepang di Tokyo. Hasil penelitiannya telah diterbitkan secara online tanggal 18 November pada versi elektronik dari jurnal Atrophysical Journal Letters.

1 komentar:

heru said...

apakah itu yang akan jatuh kebumi sobat, yang lagi di ribut2 sama orang2

Post a Comment

Setelah baca alangkah baiknya memberi komentar. HHe please

Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.