Wednesday, July 28, 2010

Wewangian yang Menyehatkan

Tahukah Anda bahwa indera penciuman manusia mampu mengenali ribuan aroma dan 10.000 kali lebih akurat dibanding indera pengecapan? Itu sebabnya, aroma tertentu bisa membantu kita menurunkan kadar stres, memperbaiki mood, atau mengurangi rasa sakit.

Mengurangi hasrat "ngemil"
Wewangian yang Anda sukai ternyata bisa membantu mengurangi hasrat tak tertahankan untuk ngemil. Demikian menurut Alan Hirsch, MD, pendiri Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS. Dalam salah satu risetnya, ia menyuruh orang-orang yang kegemukan untuk menghirup aroma pisang, apel hijau, dan pepermin ketika mereka merasa lapar. Ternyata mereka mampu mengurangi bobot tubuhnya lebih banyak dibanding orang yang tidak mencium aroma segar itu.

Menenangkan
Di sela kesibukan kerja yang menguras konsentrasi dan stres, teteskan minyak beraroma jeruk atau lavender. Dalam studi di Austria, para peneliti meminta responden mencium aroma jeruk dan sebagian lagi mencium aroma lavender. Ternyata kedua kelompok itu merasa cemas mereka berkurang. Mereka juga merasa lebih positif dan lebih tenang dibanding dengan responden yang tidak mencium aroma apa pun.

Belajar sesuatu yang baru
Menjelang presentasi di hadapan klien penting atau Anda diminta mempelajari software terbaru yang bikin kepala pusing, berikan percikan wangi rosemary di sekitar Anda. Dalam sebuah studi, 48 mahasiswa yang diberikan paparan aroma rosemary mengaku mereka lebih mampu berkonsentrasi dan mengerjakan soal ujian lebih baik.

Melawan sakit
Ada cara alami untuk mengurangi nyeri atau sakit tanpa obat-obatan medis. Caranya, dengan mencium aroma lavender atau pepermin. Hal ini sudah dibuktikan pada pasien yang menjalani prosedur laparoskopi gastrik bypass operasi. Selama operasi, mereka menggunakan masker yang ditetesi minyak lavender atau pepermin. Ternyata mereka hanya butuh dosis analegik lebih kecil pasca-operasi. Pepermin juga diketahui mengurangi sakit kepala.

Mengurangi nyeri haid
Studi yang dilakukan di Korea terhadap wanita yang sering menderita nyeri haid menyebutkan, mereka yang rutin melakukan pijat dengan minyak esensial setidaknya satu minggu sebelum periode menstruasi melaporkan, rasa nyeri dan kram perut mereka berkurang hingga setengahnya.

Meningkatkan gairah
Aroma bedak bayi bersama dengan wangi mentimun dan licorice ternyata mampu meningkatkan aliran darah ke vagina hingga 13 persen. Demikian juga dengan lavender dan pie labu. Anda bisa mendapatkannya dengan mengoleskan bedak bayi di kulit setelah mandi atau menyiapkan makan malam dengan menu mentimun segar.

Tidur lebih nyenyak
Tentu ada alasan kuat mengapa sejak ratusan tahun orang menaruh bunga lavender di balik bantal mereka. Penelitian menunjukkan, aroma lavender membuat seseorang tidur dalam lebih lama dan juga mengatasi insomnia ringan. Ingin tidur lebih nyenyak? Perciki sedikit wangi lavender di sekitar kamar sebelum waktu tidur.

kompas.com

Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.