Monday, August 9, 2010

Ramuan Herbal untuk Anak

Ramuan herbal berguna untuk mengatasi berbagai gangguan yang biasa dialami anak-anak. Berikut beberapa gangguan dan ramuan herbal:

Demam

Siapkan satu buah jeruk nipis, 3 butir bawang merah, 1 sendok makan minyak kelapa, dan seujung sendok teh garam. Caranya, potong jeruk nipis, lalu peras. Airnya masukkan ke dalam cawan. Masukkan bawang merah yang telah ditumbuk kasar, minyak kelapa dan teh. Aduk sampai merata, lalu kompreskan di ubun-ubun, ketiak, dan samping leher.

Batuk pilek

Siapkan daun sambiloto dan daun jintan masing-masing 3 lembar, daun saga 1/3 genggam, dan sepotong gula batu seukuran kelereng. Cuci bersih lalu rebus dengan segelas air (200 cc) sampai tersisa 1/3 gelas. Setelah dingin, minum. Untuk balita, 3 kali ½ - 2 sendok makan.

Diare

Ambil daun muda jambu biji 3 lembar, teh hijau ½ sendok teh, dan 1 sendok teh serbuk beras merah. Rebus daun jambu biji, teh hijau, dan beras merah dengan 2 gelas air (400 cc) sambil diaduk sampai menjadi cairan seperti tajin. Setelah dingin, minumkan bada balita. Sehari 3 kali, masing-masing ½-2 sendok makan sampai diare berhenti. Perut yang kembung bisa dioleskan minyak kayu putih yang sudah diberi tumbukan bawang merah.

Luka akibat terjatuh

Bersihkan luka dengan air perasan daun iler (Coleus scutellarioides) karena khasiatnya sebagai antiseptik. Untuk menghentikan perdarahan dan infeksi, tumbuk 3 lembar daun sirih dan 6 lembar daun sambiloto sampai halus, lalu tambahkan 3 sendok makan air bersih. Peras, airnya untuk mengompres luka.

Mimisan

Sediakan daun sirih segar sebanyak 6 lembar. Setelah dicuci bersih, tumbuk sampai halus. Peras, dan kumpulkan airnya. Ambil kassa steril, potong secukupnya, basahkan dengan air perasan daun sirih, dan gulung memanjang supaya bisa dimasukkan ke dalam hidung balita. Anak dibaringkan dengan memakai bantal kepala. Setelah mimisan berhenti, kain kassa ditarik keluar.

Memperkuat daya tahan tubuh anak

Buah dan sayuran bisa memperkuat daya tahan tubuh anak. Misalnya alpokad, anggur, atau bawang putih. (Nova/Hasto)

kompas.com

Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.