Saturday, January 10, 2009

Tips mendapatkan teman dan menjaga persahabatan

tipwSalam Persahabatan,,!
Hy Kawan,,,

Di artikel ku yg perdana ini aku mau ngasih tau kalian tentang tips mendapatkan teman yang banyak. Sebenernya mungkin kalau di pikir-pikir hal ini merupakan hal yg sederhana tapi jika kita salah kaprah tetap saja teman2 kita akan kabur. Nah walau sederhana liat aja mungkin akan menambah pengetahuan kalian dan merubah sikap kalian terhadap teman kita. Inilah dia :

1. Selalu nyapa duluan kalau ktemu temen kamu. Biasanyakan kita selalu gengsi tuh kalau nyapa duluan sekarang ubahlah kebiasaan itu sebab jika kita sering nyapa temen kita duluan dia akan senang dan semakin ramah sama kita.

2. Jadilah pendengar yang baik. Jika kita setia mendengarkan curhatan atau obrolan teman kita, kita akan mudah disenangi dan dipercaya oleh teman kita. Teman kita akan betah terus bareng2 sama kita.

3. Hargai teman yang sedang berbicara. Jika kita menghargai teman kita yg sedang berbicara di depan kelas atau kepada kita. Dia akan merasa di dengarkan dan di hargai. Dia akan mulai memperhatikan kita dan mencoba untuk lebih dekat dengan kita.

4. Jangan memotong pembicaraan teman atau sahabat kita. Nah ini adalah hal yg sangat penting karena inilah salah satu faktor penyebab permusuhan. Janganlah kita memotong pembicaraan teman atau sahabat kita apalagi memotongnya dengan topik baru sebab dia akan merasa tidak dihargai atau ditanggapi apa yg dia barusan bicarakan. Oleh karena itu dengarkanlah sampai selesai jika dia sedang berbicara pada kita, dan tanggapilah yg menurut kamu memang hal tersebut memang baik untuk di tanggapi. Setelah itu baru kamu boleh beralih ke topik lain.

5. Berilah semangat kepada teman atau sahabat kita jika dia mengalami kegagalan atau masalah. Berikanlah support kepada dia, dan katakanlah masih ada lain waktu atau masih banyak kesempatan atau tenanglah tetap bersemangat. setelah itu kamu ajak dia untuk pergi ke kantin atau beribadah. Agar dia merasa tenang dan dapat melupakan masalahnya sejenak.

6. Buatlah dia merasa nyaman di dekatmu. Jika kamu hobby membuat teman2 kamu tertawa dengan lelucon2 kamu. Teruskanlah hobby itu. Tapi jangan sampai kamu menyinggung perasaan teman kamu. Hati-hatilah jika kamu mau bercanda.

7. Berikanlah ucapan selamat kepada teman atau sahabatmu yang telah berhasil dalam melakukan sesuatu atau mendapatkan sesuatu yg berharga. Seperti rangking kelas atau mendapatkan hadiah. berikanlah ucapan selamat kepada dia dan katakanlah bahwa kamu senang melihat dia berhasil.

8. Jangan pernah iri jika teman atau sahabatmu lebih baik darimu. Hal ini pun sering memicu ketidak harmonisan persahabatan. Oleh karena itu kamu tidak boleh iri jika dia lebih baik darimu, contoh dalam nilai ulangan jika dia mendapat nilai 10 sedangkan kamu mendapat nilai 7 kamu janganlah bersikap yg tidak mengenakkan kepadanya. Berikanlah ucapan selamat kepada dia. Dan jika dia menanyakan nilaimu, jawab saja seadanya diapun akan mengerti.

9. Terimalah dia apa adanya. Terimalah kekurangan dia dengan lapang dada. Semua manusia memang sempurna tapi juga tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan, oleh karena itu terimalah kekurangan teman yg terkadang membuat kamu ill feel dengan ikhlas. Dan cobalah ingatkan dia jika kekurangannya itu bisa dia perbaiki tapi dengan cara halus misalnya singgung dia saat bercanda atau menonton film2 tertentu yg watak tokohnya sama seperti dia, tapi jangan lupa hati-hati. Usahakan jika ingin mengingatkan dia saat bercanda atau saat dalam event2 tertentu yg tepat.

10. Perbanyaklah waktumu bersama sahabatmu. Jika kamu terlalu sibuk dengan kegiatanmu dan teman barumu usahakanlah agar Kamu dapat meluangkan waktu terhadap temanmu. Dengarkan keluh kesah temanmu yg sedang membutuhkan orang untuk mendengarkan keluhannya. Berikanlah dia topangan agar dia merasa nyaman dan tepat memilih kamu sebagai sahabatnya.

teman mu akan mengerti tentang kamu dan sikap dia terhadapmu juga akan berbeda dengan sikap dia terhadap teman2nya yg lain. Diapun akan mengerti dan bisa jadi sahabatmu yg baik.

Sahabat adalah orang yang menerima kita apa adanya dan mau mendengarkan dan memberikan topangan kepada kta di waktu sedih maupun senang. Jagalah sahabat kita dengan baik jika tidak kita akan kehilangan dia.


Salam Persahabatan!

Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.