Monday, December 27, 2010

AS Membeku

Badai salju hebat memaksa pembatalan ratusan penerbangan di sejumlah bandara AS, Minggu (26/12/2010). Kondisi ini menciptakan kesengsaraan bagi ribuan orang yang sedang berada dalam perjalanan liburan Natal.
Pada saat yang sama, kondisi di Eropa mulai pulih. Ketika ratusan penumpang yang terjebak cuaca dingin di Paris dan Brussels pulang ke rumah setelah layanan penerbangan Eropa kembali normal pada hari Natal, kini giliran orang Amerika yang menggigil dan menghadapi kekacauan rencana. Wilayah timur laut mendapat pukulan terburuk dari badai yang diprakirakan bergerak ke utara pantai timur Amerika Serikat dan membawa salju dalam jumlah signifikan. Demikian dipaparkan Dinas Cuaca Nasional (NWS) AS.
Petugas menyirami jalan-jalan dengan garam dan menyediakan kendaraan darurat di Washington, daerah yang tahun lalu lumpuh selama berhari-hari karena salju. Ibu kota itu tampak siaga untuk menghindari kondisi terburuk pada kali ini. Hal itu dilakukan meski peringatan terhadap badai salju telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir New England, pantai utara New Jersey, dan New York City. Badai diperkirakan akan menumpahkan salju antara 9 inci dan 15 inci di wilayah "Big Apple" saat embusan angin kencang bertiup melewati kota itu. Boston diperkirakan akan tertutup salju hingga 22 inci (55,9 cm), Senin, dengan embusan angin sekitar 72 kilometer per jam pada malam hari.
Badai salju itu menyengsarakan orang-orang yang sedang dalam perjalanan liburan Natal. Banyak maskapai penerbangan yang membebaskan fee bagi mereka yang ingin mengubah penerbangan.
Delta Air Lines mengatakan, seperenam penerbangan di negara itu atau sekitar 850 penerbangan telah dibatalkan, Minggu. Continental Airlines membatalkan 265 keberangkatan, terutama dari Bandar Udara Internasional Newark Liberty, di luar New York. United Airlines membatalkan 110 penerbangan di Boston, Philadelphia, serta tiga bandara utama New York, yaitu Newark, LaGuardia, dan John F Kennedy International.
Sementara itu, AirTran Airways membatalkan 81 penerbangan ke kota-kota timur laut yang diprakirakan akan terkena dampak paling parah, termasuk New York, Boston, dan Philadelphia. Southwest Airlines juga membatalkan penerbangan, terutama ke dan dari Dulles International Airport dan Baltimore Washington International Airport di luar Washington, serta Newark.

Mari kita berdoa semoga saudara2 kita disana tidak ikut membeku. :)


kompas.com

Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.