Monday, December 27, 2010

Rajin Minum Jamu, Apa Khasiatnya?

Kekayaan budaya bangsa kita mewariskan berbagai perawatan kecantikan yang sangat berkhasiat bagi kita. Bahkan, kita bisa melakukannya sendiri di rumah kala senggang. Contohnya, minum jamu.
Minum jamu berkhasiat untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, mengobati, dan mempercantik tubuh. Manfaat jamu untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan sudah mendapat banyak bukti ilmiah. Jamu dari kacang kedelai, misalnya, baik untuk mencegah masalah menopause, kardiovaskular, dan osteoporosis. Ini karena jamu tersebut kaya akan isoflavon. Sementara itu, pegagan dalam sediaan kosmetik dapat membantu regenerasi sel kulit karena kandungan triterpenoidnya.
Namun, perlu diingat bahwa jamu bukanlah obat, melainkan hanya suplemen. "Konsumsinya pun harus memerhatikan higienitas proses pembuatan, lisensi dari BPOM atau IDI," kata dr Sandra Widaty, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo.
Dalam bukunya, Healthy Lifestyle with Jamu, Dr Martha Tilaar mengemukakan bahwa jamu diperlukan dalam siklus kehidupan. Mulai dari bayi dan anak-anak, remaja, dewasa, dan mereka yang berusia lanjut. Khusus ramuan jamu untuk kesehatan kulit, ikuti resep berikut ini.
Tahapan:
* Cuci bersih daun pegagan dan teh hijau secukupnya.
* Campurkan kedua bahan, kemudian diseduh dengan air mendidih selama 10 menit.
* Saring air, tunggu hangat, siap untuk diminum.
Tip:
Lakukan sesuai kebutuhan dan takaran. Umumnya jamu diminum 3 kali sehari, sebanyak 1 gelas.
(Prevention Indonesia/Intan Sari Boenarco)

Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.