Saturday, November 21, 2009

Sejarah Singkat Holografi


Pada tahun 1960 dunia Industri dihebohkan dengan penggalakan teknik laser yang menghasilkan hologram untuk dimanfaatkan secara komersial. Teknik ini digunakan secara luas, antara lain untuk menguji desain produk tertentu. Para seniman visual menggunakannya pula dalam menampilkan kreasidan gagasan mutakhir.

Teknologi yang menjadi latar belakanglahirnya hologram ini lahir dai seorang fisikawan Hongaria yaitu Dennis Gabor, yang mengembangkan teori holografi sejak
tahun 1947. Pada tahun tersebut, saat bekerja di Departemen British Thomson Houston, Gabor menemukan Holografi. Penemuan yang brilian ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Gabor.
Awalnya Gabor sedang berusaha mengembangkan teori untuk meningkatkan kemampuanmikroskop elektron. Ketika dia berusaha membuktikan teorinya ia tidak menggunakan pancaran elektron, tetapi justru menggunakan cahaya. Dengan percobaan itu, Gabor malah menemukan holografi, ilmu yang memproduksi hologram. Dengan teori tersebut ia berhasil menciptakan teori pertama hologram di dunia. Hologram dibuat oleh Gabor dengan proses pembelahduaan selaju sinar laser.
laju yang pertama disebut "acuan" menyinari selembar lempeng peka foto atau film,
sedangkan lajur kedua menyinari objek untuk diholografikan. Cahaya yang direfleksikan oleh objek ini bertabrakan di atas lempengan tadi dan menciptakanpola gabungan yang setelah dikembangkan lagi menjadi citra 3D.
Sinar laser adalah perkembangan dari teori hologram ini pada tahun 1960.

Hologram ini berhasil dikembangakn oleh Pibram. Pibram yakin bahwa ingatan terekam bukan di dalam sel-sel otak melainkan di dalam pola-pola impuls saraf yang merambah seluruh otak, seperti pola-pola interfensi sinar laser yang merambah seluruh wilayah pelat film yang mengandung suatu gambar holografik.

Pada tahun 1979, dua ilmuwan asal Soviet berhasil mengembangkan temuan Dennis Gabor dengan sinehologram. Eizykman dan Fihman mulai bekerja sama di bidang hologram. mereka membuat 4 sinehologram berukuran 35 mm dan 70 mm.Itulah yang dipertunjukan di college of France, Paris. Keduanya mulai bergelut di dunia film holografi berukuran 126 mm. Penggunaan film lebar ini merupakan langkah pertama untuk membuat sinehologram yang bisa ditonton lebih dari dua orang dalam waktu bersamaan.

dikutip dari tabloid PULSA.


Related Posts with Thumbnails

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.